Membaca Dakwah Dalam Tulisan

Membaca buku “Meremehkan Dosa” yang sekarang ada di tangah pembaca ini, pertama-tama kita dihadapkan pada gambar sampul yang agak seram. Ada sosok berdiri menatap cahaya di tengah suasana yang gelap. Lembar-lembar dalamnya terasa berisi informasi dan panduan yang mencerahkan dan menentramkan.

Banyak topik yang ditulis dalam buku ini, tentulah menunjukkan berapa luas bidang dan persoalan yang diminati oleh sang penulis, Drs. H. Abdul Rojak MA. Dan, pengelompokan judul-judul tulisan menjadi beberapa bagian dalam buku ini menggambarkan kemampuan dan kecermatan penulis dalam memahami dan mensistematika persoalan keagamaan. Bagian-bagian itu ialah, membangun kesalehan spiritual, membangun kesalehan sosial, kerukunan antar umat beragama, guru dan pembangunana karakter.

Dari buku ini, kita memperoleh informasi dan opini dari penulis tentang banyak hal; sisi-sisi kehidupan yang kita temui sehari-hari. misalnya tentang hidup sederhana, tentang label halal haram, tentang tawuran, juga tentang pacaran. Dari beberapa tulisan itu, setidaknya kita mengetahui bawha pandangan dan diri penulis, beragama itu meliputi seluruh sendi kehidupan. Bahwa beragama bukan hanya yang terkait langsung sendi-sendi dari ritualistik seperti shalat, zakat, puasa dan haji. Tapi juga berdagang, partnership, kompetensi profesi, menyikapi bencana, dan bidang-bidang yang secara umum biasanya tidak dikaiktan dengan norma agama.

Yang istimewa, penulis yang sehari-hari dikenal sebagai pegawai negeri di Kantor Kementrian Agama dan dikenal ustad itu, berhasil menyajikan tulisan yang multi perspektif. Dia misalnya memasuki fenomena pancarang dengan kacama Islam. Atau memaknai haji dari sudut kepentingan publik dan aspek keadilan. Dengan sangan apik, penulis menyajikan pikirannya tentang, hidup bermanfaat; sebagai salah satu nilai dasar Islam.

Pemahamannya tentang kehidupan antar umat beragama berhasil menunjukkan bahwa penulis adalah seorang muslim yang memiliki pola pikir sistemik. Dia mengerti bagaimana unit-unit kehidupan ini adalah bagian yang tak terpisahkan dengan unit kehidupan lain di sekitarnya, dan kemudian bagaimana menjaga agar kebersamaan itu tidak mengaburkan identitas muslim tapi justri menguatkan karakter istimewa seorang muslim.

Yang istimewa lagi, saya melihat, penulis tidak hanya memiliki banyak pengetahuan sebagai ilmu, tapi juga dicoba diaplikasikan dalam pola pikir, pola sikap dan tingkah laku sehari-hari. Maka, kemudian saya mengenal secara terbatas, bahwa penulis buku ini, Abdul Rojak adalah seorang muslim yang suka mendengar, gemar belajar dan membaca ayat-ayat Allah.

Pergaulan penulis yang cukup luas melintasi kelompok dan golongan rupanya telah ikut mewarnai tulisan-tulisannya yang lebih banyak mengapresiasi solidaritas daripada menonjolkan egoisme. Dan, dia berhasil memilih judul yang seksi untuk buku ini; “Meremehkan Dosa”. (Margiono, Ketua PWI Pusat)

Judul Buku: Meremehkan Dosa

Penulis: Ustad Abdul Rozak

Penerbit: RMBooks

Volume: 133

Pengantar: H. Margiono dan H. Veri Muhlis Arivuzzaman

Terkait

  • Ayat-Ayat Revolusi Diri
  • MEMIMPIN DENGAN KARYA NYATA
  • Dilema Sang Presiden
  • “The Da Vinci Factor”, Lejitkan Potensi Diri Tanpa Batas
  • Mengobarkan Api Nasionalisme Kaum Muda

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>