Ayat-Ayat Revolusi Diri

Pernahkah mendengar ungkapan pesimis seperti: “Ah, ga mungkin!” atau “Saya ga mampu”? Atau mendengar keluhan-keluhan seperti: “Mau sukses aja koq susah bener yah?”, “Ah, ribet banget sih..”? Tidak bisa dipungkiri bahwa ungkapan-ungkapan demikian sering terlontar dari orang-orang di sekeliling kita, bahkan bisa jadi diri kita sendirilah yang mengucapkannya.

Sadar atau tidak, kita memang kerap menciptakan penjara bagi diri kita sendiri. Kita kerapkali lupa bahwa kita tidak sepenuhnya mampu menguasai diri sendiri. Ada batasan kekuatan. Padahal, kunci hidup yang sesungguhnya adalah ketika kita mampu melihat dan mengenali diri sendiri. Karena dengannya kita dapat mengetahui kekuatan yang sesungguhnya.

Setiap manusia terlahir dengan segala potensi dan kekuatan—baik negatif maupun positif. Sayangnya, tidak semua orang mampu membaca potensi yang telah Tuhan lekatkan pada dirinya, dan tidak sedikit pula yang bingung membaca potensi tersebut. Kondisi inilah yang oleh Kang Yoto, di dalam buku ini digambarkan sebagai sebuah keberhasilan proyek iblis/setan. Pada titik inilah penting adanya untuk kita tetap berada di dalam lingkar ketuhanan. Mengapa? Karena lingkar ketuhanan sebenarnya adalah bentuk kesadaran diri setiap individu untuk berani benar dan baik dalam menghadapi semua risiko dan ujian kehidupan. Dengan komitmen yang benar dan baik dalam segala bentuk situasi dan kondisi, secara otomatis akan memposisikan individu tersebut pada kekuatan Tuhan, yang akan mengantarkannya pada kesusksesan. Dan tentunya, berkemampuan untuk melihat sensor ketuhanan.

Buku The Al-Fatihah Codes ini secara garis besar merangkum kode-kode Tuhan dalam Surat Al-Fatihah, dan memunculkan sensor-sensor ketuhanan dalam diri manusia. Sisi menarik lainnya adalah pada bab “Ta’awwudz: Buang Setan”. Pada salah satu bab dipaparkan secara ringan mengenai “enam setan” yang merupakan bentuk dari segala hal negatif mulai dari keyakinan, pandangan, hingga metode berpikir, yang kesemuanya ada pada diri kita. Berbeda dengan buku motivasi lain, benang merah buku ini dirajut berdasarkan urutan tujuh ayat Surat Al-Fatihah yang membentuk urutan kode-kode kehidupan. Artinya, ada serangkaian proses yang penulis hidangkan kepada sidang pembaca: bahwa untuk mencapai segala sesuatu tidaklah instan, termasuk untuk mengenali diri sendiri.

Tidak seperti metode tafsir konvensional yang selama ini berkembang, The Al-Fatihah Codes hadir dengan caranya yang unik dan menggunakan pendekatan/approach yang tak biasa. Dengan The Al-Fatihah Codes, rumusan motivasi menjadi terasa begitu dekat dan applicable.

Membaca buku ini bagaikan baterai HP yang di “charge” penuh. Kita akan selalu siap menghadapi tantangan yang tentu saja, dengan segenap kode dan kendali penuh atas diri sendiri. Memiliki buku ini seperti mendapatkan seorang penasihat bijak yang bisa diminta pendapatnya kapan saja. Cakupannya luas. Ada kolaborasi unik antara spirit motivasi modern dengan nilai-nilai dari substansi agama. Sehingga, buku ini pantas dimiliki siapa saja yang peduli terhadap karakter dan sikap mental dalam dirinya.

Buku ini disusun dengan simpel, dilengkapi gambar yang nyaman dipandang dan tata letak yang pas. Huruf yang digunakan pun sangat menyamankan mata, sehingga orang yang sudah mengalami keterbatasan penglihatan pun mudah membacanya. Karena itu pantas menyebut buku ini sebagai “buku motivasi simpel yang bernas”.

Salah satu ungkapan menarik dalam buku ini, bahwa sukses tidaklah instan, yang dapat kita upayakan adalah mempercepat dan memaksimalkan proses. Dan di sinilah Al-Fatihah memainkan fungsi vitalnya. Membaca Al-Fatihah berarti membaca dunia, memahami Al-Fatihah berarti pula memahami dunia. Selamat berproses, selamat menemukan, selamat berrevolusi!

Judul : The Alfatihah Codes, Prinsip-Prinsip Revolusi Diri

Penulis : Kang Yoto Bojonegoro

Penerbit : RMBooks

Tahun Terbit : 2013

Jumlah Halaman : xxii + 302 halaman

ISBN : 978-602-98880-41

Terkait

  • Membaca Dakwah Dalam Tulisan
  • MEMIMPIN DENGAN KARYA NYATA
  • Dilema Sang Presiden
  • “The Da Vinci Factor”, Lejitkan Potensi Diri Tanpa Batas
  • Mengobarkan Api Nasionalisme Kaum Muda

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>